Tips dan Strategi pemasaran Percetakan melalui Media Internet


Mengembangkan sebuah bisnis merupakan rutinitas yang sangat vital dalam menciptkan media bisnis yang berkesinambungan tidak terkecuali pada bisnis percetakan.

Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia nyata,maka dunia internet menjadi salah satu bidikan trending untuk mempromosikan berbagai macam media binis.


Tips dan Strategi pemasaran Percetakan melalui Media Internet
Tips dan Strategi pemasaran Percetakan melalui Media Internet
Dengan menggunakan media internet,promosi dan pemasaran akan terasa lebih cepat dan efisien,pasalnya pengguna internet saat ini sudah mencapai miliaran orang di seluruh dunia,tentu saja ini akan menjadi solusi yang sangat tepat dan akurat bagi seluruh penggiat bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka.

Namun perlu di ingat, bahwa promosi melalui internet tidaklah semudah ucapan lidah,perlu strategi dan kiat khusus supaya semua usaha promosi benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Berikut adalah Tips dan Strategi pemasaran Percetakan melalui Media Intenet yang perlu anda lakukan supaya benar-benar tercapai target :

1. Memiliki akun media Sosial

Memiliki akun media sosial bisa dikategorikan sebagai langkah awal dan utama,mengapa demikian??kita akan melakukan promosi melalui media internet, tentu akun pribadi/merk dari bisnis anda merupakan alat vital yang harus dahulu dikenal orang.

Akun media sosial yang dimaksud bisa berupa akun facebook,twitter,instagram,linkedin  atau yang lainnya.

Usahakan saat membuat akun sebaiknya menggunakan nama pribadi atau nama brand dari jenis usaha anda,hal ini supaya orang - orang yang mengikuti anda di media sosial menjadi lebih dekat dan mudah mengenal karakater dan jenis bisnis yang anda miliki.

Setelah akun tercipta,usahakan gunakan akun tersebut seperti biasanya,buatlah status di media sosial dengan tema yang menarik seputar bisnis anda dengan bahasa yang sederhana dan jauh dari PROPAGANDA atau PROMOSI yang berlebihan.

Biarkan orang-orang mengenal akun anda terdahulu sebagai orang biasa,jika jumlah pertemanan atau viewer sudah meningkat,barulah tingkatkan media promosi anda dengan status yang lebih banyak mengandung promosi, tapi JANGAN BERLEBIHAN supaya mereka tidak mudah bosan.

Sesekali luangkan waktu anda di media sosial untuk menjawab atau berinteraksi seputar bisnis orang lain,jangan sungkan untuk menjadi HUMAN SOLUTION.


2. Membuat Website/Blog

Buatlah website/situs/blog sebagai tempat untuk memasang layanan atau produk anda,berikan contoh berupa gambar atau foto yang mencerminkan jasa atau produk yang sedang anda jual.

Jika dalam hal ini anda belum mahir,maka anda bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan website.

Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa menggunakan layanan website gratis seperti blogger dan wordpress.

atur tampilan template blog anda dengan gaya minimalis dan jangan banyak mengandung iklan supaya produk anda lebih menonjol saat orang lain mengunjungi blog.

Buatlah website/blog sederhana namun mewakili semua item produk bisnis percetakan anda.

3.  Bergabung dengan situs Marketplace

Menggunakan situs marketpalce merupakan salah satu trik cepat untuk memasarkan produk anda. Beberapa situs marketplace nasional maupun internasionalyang bisa anda ikuti misalanya saja :
  • Matahari Mall
  • Bukalapak
  • OLX 
  • JD.id
  • Accestrade
Untuk bisa bergabung diberbagai situsmarketplace di atas tentu saja anda harus mengikuti peraturan yang berlaku di setiap masing-masing situs.

Setiap situs marketplace tersebut memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda.untuk lebih lengkapnya,anda bisa mengunjungi masing - masing sirus tersebut di atas.

Anda bisa menggunakan situs marketplace selain di atas, yang terpenting adalah carilah situs marketpalce yang memang sudah benar-benar memiliki brand yang terpercaya.

4. Buat Fans Page/Group Facebook

Buatlah Fans Page atau Halaman ataupun Group di akun facebook anda untuk mengelompokan produk anda, undangan teman-teman anda kedalamnya dan isi halan tersebut dengan berbagai postingan menarik seputar bisnis anda.

Langkah untuk membuat Fans Page akan saya uraikan di artikel terpisah, untuk saat ini silahkan anda berselancar di google search tentang cara membuat "Fans Page facebook".

Dengan memiliki fanspage ada beberapa keuntungan untuk bisnis percetakan anda seperti :
  • Mampu mengelompokan/memisahkan antara bisnis dan personal
  • Bisnis anda akan mudah terindek oleh Search Engine
  • Jumlah fans lebih banyak
  • Media Bisnis anda kana terlihat lebih Profesional
  • Kegiatan promosi lebihmudah dilakukan
  • Bisa mendatangkan buyer lebih banyak dan cepat

Demikian ulasan singkat seputar Tips dan Strategi pemasaran Percetakan melalui Media Internet yang bisa saya share. Semoga bermanfaat untuk kelangsungan bisnis percetakan anda.

Dikutip dari berbagai sumber :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »