Perkembangan Bisnis Tali ID Card & Lanyard Di Era Digital



Perkembangan industri saat ini yang sudah menuju era digital seperti  telah memaksa beberapa industri tidak terkecuali industri bisnis percetakan untuk masuk dalam persaingan baru lewat pasar digital baik itu seputar cara marketingnya ataupun cara produksinya yang sudah melalui babak baru menuju lebih cepat dan berkualitas.

Bukan hanya cara penjualannya, namun beragam produk pun sudah mulai bergeser atau memiliki perkembangan teknologi dan cara produksi terbaru. 

Kali ini kita akan membahas salah satu barang cetakan yang dahulu sering kita gunakan namun saat sudah bergeser mengikuti tren teknologi saat ini.

Bagi anda yang pernah bekerja di sebuah perusahaan, pasti sangat familiar banget nih dengan barang cetakan yang bernama tali Nametag atau tali ID Card.
pada zamannya tali nametag hanya berupa tali kur (rajutan) kecil yang memiliki ukuran tidak lebih dari 1 cm lebarnya sehingga terasa kurang leluasa untuk diisi dengan berbagai tulisan maupun brand,logo maupun slogan atau campaign perusahaan.
Kemudian muncul tali nametag yang berbahan tali nylon kemudian mulai banyak bermunculan tali id card dengan pewarnaan sistem sablon, tali ini jaya di tahun-tahun 90 - 2000 an. Tali id card berbahan nylon dan sablon banyak digemari dan diminati oleh berbagai perusahaan-perusahaan untuk memberikan identifikasi kepada karyawannya maupun sebagai media promosi dalam berbagai penyelenggaraan event yang dibuat oleh para Event Organizer.
Sejak tahun 2015 hingga kini, tali lanyard yang berbahan polyester nylon dan sablon mulai tergeser oleh keberadaan tali lanyard printing. Proses produksinya menggunakan metode print sublimasi yakni perpindahan warna dari sebuah media ke media lainnya dengan menggunakan alat pemanas (Heater). 
karena karakternya yang awet,  tali lanyard printing ini mulai di gemari. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki seperti anti luntur dan dapat di print dengan full colour / gradasi sehingga tali lanyard printing sangat efektif digunakan sebagai alat promosi maupun identifikasi sebuah perusahaan terhadap para karyawannya
Begitu pula dengan bahan tali id card yang digunakan saat ini, sudah sangat berbeda dengan yang digunakan pada era 90-an, dulu pasar tali id card banyak dipenuhi dengan tali berbahan polyester nylon, namun sekarang sudah banyak diganti dengan tali berbahan dasar polyester murni atau yang sering di sebut sebagai Tali Lanyard Tissue
Perbedaan karakter bahan antara tali id card nylon dan tissue terletak pada tingkat kehalusan, serat bahan dan keawetan bahan. Tali Lanyard berbahan Tissue lebih banyak digemari karena karakternya yang awet dan lembut serta sangat bagus bila difinishing melalui proses print sublimasi menggunakan design grafis yang full colour sehingga lebih berwarna dan colourfull di mata para konsumen.
Bagi anda yang saat ini kebetulan sedang mencari tempat yang tepat untuk membuat tali lanyard printing, anda bisa langsung cek di www.lanyardkilat.co.id yang berada  di kawasan ciputat, tangerang selatan. lanyardkilat.co.id bahkan menawarkan program produksi lanyard sameday atau 1 hari saja (sesuai namanya "kilat" atau "cepat"), kini di era digitalisasi anda tidak perlu repot-repot mencari pedagang yang bisa memproduksi tali id card ke senen, pasar pagi atau asemka. Cukup dengan menggunakan handphone anda dan anda dapat langsung memesannya kepada produsen tali lanyard langsung dengan lama produksi hanya 1 hari jadi
Penulis : Ilham M. Baderi  
Rewrite : Adi Mulya
Sumber : Kompasiana

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »