Inspirasi Sedekah : Ketika Sedekah Salah Sasaran




"Sesungguhnya sedekah seseorang  walaupun hanya sesuap,akan dikembangkan oleh Allah seperti gunung,maka bersedekahlah (HR.Bukhari & Muslim)

Sedekah,secara sederhana berarti adalah pemberian seseorang kepada orang lain dengan tulus dan penuh keiklasan yang tidak terikat oleh jumlah materi dan waktu.

Sedekah tidak harus melulu dengan uang,berbuat baik dan menyingkirkan batu kerikil serta duri dari jalanan pun menjadi sedekah, bahkan seulas senyum bisa menjadi sebuah sedekah.Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW.


"Kamu menyingkirkan batu,duri dan tulang dari tengah jalan,itu adalah sedekah bagimu" (HR.Bukhari).

"Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah" (HR. At-Tirmidzi)

Alkisah...
suatu hari mahmud datang bertamu ke rumah sahabat karibnya yang bernama ahmad,dia bercerita tentang sedekahnya yang katanya salah sasaran.

"Mad,kemarin aku bersedekah pada seorang lelaki, tapi ternyata dia adalah orang kaya yang mengaku hidupnya susah, bagaimana menurutmu?"

"apakah sedekahku salah sasaran??"

Dengan penuh ketulusan dan sumbingan senyum ahmad menjawab pertanyaan sahabatnya itu

"Demi Allah, apa yang engkau lakukan tidaklah salah,semua kebaikanmu akan tercatat sebagai amal di sisi Allah SWT."

"Tentang sedekahmu yang kau anggap salah sasaran,maka engkau akan mendapatkan dua pahala
pertama, engkau mendapatkan pahala atas sedekahmu jika engkau mengikhlaskannya,sementara yang kedua engkau akan mendapatkan pahala dari pahalanya orang yang membohongimu"

Sedekah merupakan perbuatan baik yang sangat dianjurkan untuk setiap muslim.Banyak ayat dan hadist yang menceritakan tentang keutamaan dari sedekah,salah satunya hadist tersebut di atas.

Berikut Adalah Keutamaan Sedekah yang bisa menginspirasi dan membangkitkan rasa semngat kita dalam bersedekah


  • memperpanjang usia
  • menjauhkan diri dari musibah
  • melipat gandakan rezeki
  • melancarkan setiap usaha/bisnis
  • mengobati penyakit
  • menghilangkan kesusahan/kemiskinan
Enam point di atas hanyalah secuil dari puluhan dan ratusan dari keutamaan dan manfaat sedekah.

Setiap hari kita selalu sibuk dengan waktu untuk mencari uang. Peribahasa yang mengatakan "Time Is Money" seakan - akan menjadi cambuk untuk kita terus mencari dan menumpuk materi.Namun pernahkah kita bertanya pada diri kita,berapa banyak harta yang sudah kita kumpulkan dengan kalimat sedekah yang nantinya bisa menjadi tabungan kita di akhirat.

Atau Jangan-jangan kita malah termasuk orang yang benci sedekah,menganggap sedekah hanya sebuah pekerjaaan menghamburkan harta,mengajarkan orang lain menjadi pemalas, Naudzu billahi min Jaalik.

Jika yang demikian ada di otak kita,maka bersiaplah menjadi orang yang merugi.Semoga kita terhindar dari yang demikian... Amiin

Senin sampai Sabtu merupakan waktu yang selalu kita gunakan untuk mencari nafkah, bahkan terkadang hari Minggu pun tak luput dari incaran untuk mendapat tambahan, dengan berbagai alasan yang logis kita selalu mengatakan "lumayan buat tambahan uang dapur".

Dari segudang alasan yang kita ceritakan kepada orang-orang terdekat kita betapa hebat dan rajinnya kita dalam mencari nafkah seolah kita ingin mengatakan kepada meraka "akulah pahlawan keluarga untuk anak dan istriku"

Sekilas tidak ada yang salah dengan semua itu, mencari nafkah merupakan kewajiban dan hak yang harus diberikan kepada mereka,namun ada kalanya kita juga harus mengingatkan diri dan mereka bahwa dari setiap rezeki yang diperoleh terdapat hak orang lain yang meski disisihkan.

Jika hal demikian sudah diterapkan dalam keluarga,maka saya yakin, kehidupan dan rezeki yang berkah akan senantiasa menaungi.

Dalam memberikan sedekah, terkadang kita harus dihadapkan pada fenomena miris.Banyak orang yang menggunakan moment sedekah sebagai ajang untuk mengakali orang lain, ajang selfi yang kemudian disebar ke media sosial.

Tidak sedikit  dari kita yang akhirnya memilih-milih orang untuk diberikan sedekah bahkan ada juga justru malah enggan untuk bersedekah karena takut dibohongi.

Pada siapapun kita bersedekah sebenarnya tidak ada yang salah apalagi SALAH SASARAN.

Setiap kebaikan sedekah yang kita lakukan dengan ikhlas maka sesungguhnya akan selalu mendapat imbalan pahala dari Allah SWT, terlepas pada siapa kita memberikannya.

Mulai sekarang, seharusnya tidak ada lagi keraguan dan ketakutan akan salah sasaran saat bersedekah,karena sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.

Demikian inspirasi sedekah. semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat kita semua untuk senantisa gemar bersedekah dan tidak takut akan salah sasaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »