Perayaan Kimchi Day Ala Google





"Kimchi Day telah menjadi warisan budaya yang tercatat di UNESCO dalam menciptakan moment sukacita dan mendorong hidup selaras dengan alam, Selamat Makan...!!!"

Buat kamu yang kemarin sempat buka google mungkin akan sedikit terasa berbeda,pasalnya tanggal 22 November kemarin,google menampilkan gambar kimchi di laman pencariannya.Bahkan jika gambar tersebut di klik maka secara otomatis akan menuju laman "Apa itu Kimchi?"

Lalu kenapa google membuat gambar Kimchi?

Ternyata tanggal tersebut tepatnya kemarin merupakan hari kimchi atau kimchi day yang dirayakan di Korea Selatan.

Kimchi Day ala google

Pada Hari itu,semua keluarga dan tetangga berkumpul di dapur untuk memasak dan bercerita seputar resep masakan kimchi.Menurut keyakinan warga Korea selatan,jika mereka membubui kimchi pada hari tersebut maka rasa kimchi akan terasa lebih nikmat dan lezat.

Menurut catatan sejarah,kimchi sudah ada sejak abad ke 18 yang lalu,awalnya masakan kimchi dibuat dengan menggunakan cabai.

Apa itu kimchi?

Kimchi merupakan makanan khas korea selatan.
Menurut  catatan Wikipedia Bahasa Indonesia,Kimchi merupakan asinan sayuran yang difermantasikan yang kemudian direndam dengan bumbu pedas hal ini sesuai dengan dialek orang korea dulu "Chim-Chae" yang berarti sayuran yang direndam.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kimchi adalah Lobak,Sawi Putih,Wortel,Garam dan tepung beras.Semua bahan tersebut kemudian di fermentasikan dengan air garam selama kurang lebih satu malam dan disiram dengan  bumbu pedas yang terbuat dari bubuk cabai merah,udang kriil,jahe,bawang putih dan kecap ikan.

Saat ini makanan kimchi sudah memiliki rasa dan bentuk sajian menu  yang beraneka ragam,hal ini dikarenakan tergantung pada budaya daerah dan dari selera si pembuatnya.

Kimchi,Makanan Populer di Korea

Selain merupakan makanan khas,Kimchi merupakan makanan populer di Korea, Saking banyaknya peminat hampir semua Lemari Es warga korea terisi dengan makanan kimchi.

Bulan November hingga Desember, merupakan bulan penuh moment bagi penikmat kimchi pasalnya kimchi akan diproduksi secara besar-besar,hal ini sebagai persiapan menuju musin dingin di negara tersebut.

Keistimewaan Kimchi

Menurut Health Magazine, kimchi merupakan makanan yang kaya akan vitamin, baik untuk pencernaan dan bahkan disinyalir mampu mencegah kanker.

Selain itu ternyata kimchi merupakan salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" . Makanya tidak heran jika kimchi merupakan salah satu makanan warisan budaya di dunia yang tercatat di UNESCO. Amazing......


Bagaimana menurut kamu guys,,,??
Mau mencoba makanan khimchi bareng keluarga atau pacar??, silahkan berkunjung ke Korea mumpung masih bulan November. huhuhuh....



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
10 Desember 2017 pukul 00.05 delete

"kimchi sudah ada sejak 2.600 - 3.000 tahun yang lalu pada abad ke 18"

Kalimat diatas gak salah tuh bro? kalau 260 - 300 tahun itu memang abad ke 18, tapi kalau 2600, sebelum masehi, dan tidak ada sebutan abad.

Reply
avatar
11 Desember 2017 pukul 10.47 delete

terima kasih atas kritik membangunnya, mohon maaf karena ada kesalahan pengetikan,
sukses selalu buat pondok jeruk

Reply
avatar