Bacaan Niat Puasa Arafah Beserta Hukum dan Keutamaannya

Sebentar lagi kita akan merayakan lebaran idul adha atau hari raya qurban.
Ada satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan sebelum kita memasuki hari lebaran yakni puasa arafah. 
Puasa arafah itu sendiri adalah puasa sunah yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah yakni sehari sebelum lebaran idul adha.
Di dalam kitab Fiqih Empat Madzhab, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan tentang puasa arafah ini sebagai berikut:
“Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Arafah, yaitu berpuasa pada tanggal sembilan Dzulhijjah. Namun puasa ini hanya khusus dilakukan oleh selain jamaah haji saja, sedangkan untuk para jamaah haji maka para ulama berbeda pendapat mengenai hukumnya.”

Bacan niat puasa shafar beserta hukum dan keutamaannya

NIAT PUASA ARAFAH.
Berikut adalah lafadz bacaan niat puasa arafah:
puasa arafah
Artinya:
“Saya niat puasa arafah sunnah karena Allah Ta’ala”

Keutamaan Puasa Arafah.
Meskipun puasa arafah hukumnya adalah sunnah, akan tetapi sangat dianjurkan karena puasa arafah memiliki keutamaan yang sangat istimewa yakni dihapusnya segala dosa pada tahun yang lalu dan tahun sesudahnya.
Berikut adalah hadist tentang keutamaan puasa arafah.
Keutamaan puasa arafah sesuai dengan hadits yang telah dijelaskan, diriwayatkan dari Abu Qatadah (diriwayatkan) bahwa Rasulullah saw bersabda: “Puasa hari Arafah menutup dosa dua tahun, satu tahun yang lampau dan satu tahun yang akan datang, dan puasa Asyura menutup dosa satu tahun. [Hadis ini diriwayatkan oleh sejumlah ahli hadis dan teks di atas adalah riwayat Imam Ahmad].
"Dari Abu Qatadah Al-Anshariy (ia berkata),” Sesungguhnya Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah di tanya tentang (keutamaan) puasa pada hari Arafah?” Maka beliau menjawab, “ Menghapuskan (kesalahan) tahun yang lalu dan yang sesudahnya.” (HR. Muslim no.1162 dalam hadits yang panjang)”
Demikian uraian singkat tentang puasa arafah beserta niat dan keutamaannya.
Semoga Allah SWT. Senantiasa memberikan ukur panjang dan kesehatan agar kita senantiasa diberikan kekuatan dan iman untuk bisa menjalankan ibadah sunah puasa arafah nanti.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »