TIPS BISNIS PERCETAKAN TANPA MODAL UNTUK PEMULA SUPAYA CEPAT SUKSES



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seperti biasa,saya ucapkan selamat datang di blog Inspirasi Kepo,blognya orang kepo.Semoga yang nongol di sini ga kepo-kepo amat. hehehe

Guys,, kali ini saya cuma kaan berbagi seputar "TIPS BISNIS PERCETAKAN TANPA MODAL UNTUK PEMULA SUPAYA CEPAT SUKSES".


TIPS-BISNIS-PERCETAKAN-TANPA-MODAL-UNTUK-PEMULA-SUPAYA-CEPAT-SUKSES
bisnis percetakan tanpa modal


Percetakan merupakan salah satu peluang bisnis yang masih digandrungi banyak orang lho.Dengan modal yang relatif membuat bisnis ini kerap menjadi primadona bagi sebagian orang.

Jika saat ini kamu berpikir bahwa bisnis percetakan itu butuh modal yang sangat besar,jelas itu adalah hal yang sangat keliru.Bisnis percetakan bisa kamu jalankan hanya dengan modal yang sangat sedikit bahkan bisa dijlankan tanpa modal, Ko Bisa??? kenapa Tidak??? semua pasti bisa, Saya sendiri masih menjalankan bisnis ini meski dengan modal yang sangat pas-pasan dan alhamdulillah masih bertahan sampai sekarang.

Bisnis percetakan merupakan salah satu bisnis yang berbasis jasa,dengan menjalankan bisnis ini kamu bisa membantu banyak orang.

APA SAJA YANG BISA DILAKUKAN DENGAN BISNIS INI

Beberapa jasa yang bisa kamu lakukan dengan bisnis percetakan adalah seperti Pembuatan Kartu Undangan, Kartu Nama,Spanduk, Stempel, Pembuatan PIN/Gantungan Kunci, ID Card Bahkan jasa Sablon Seperti Sablon Plastik ataupun kaos.Saya sendiri banyak menerima order jasa sablon kaos seperti kaos bola maupun distro.

APA SAJA YANG DIBUTUHKAN

Seperti bisnis-bisnis yang lain,bisnis percetakan membutuhakn beberapa hal pendukung untuk memulainya,namun bukan dengan jumlah uang yang besar tapi cukup beberapa hal seperti di bawah ini :

1. ILMU DESAIN

Pengetahuan tentang desain grafis menjadi salah satu penunjang yang amat penting untuk menjalankan bisnis ini, meski bukan hal yang utama,namun akan sangat bermanfaat jika kamu bisa menguasainya.
Cukup menguasai program desain grafis seperti coreldraw atau photoshop,insya Allah semuanya akan terasa lebih cepat dan mudah dalam menjalankan jenis bisnis ini.

 " TAPI SAYA TIDAK BISA DESAIN???

Jangan takut, banyak ko jasa desain yang bisa kamu gunakan di luaran sana. Cari tempat desain yang terdekat dan harga yang relatif murah dan bersaing supaya bajetnya bisa kamu minimalis.
Desian buka harus selalu bagus tapi juga harus enak dilihat terutama oleh pemesan.

2. TAHU JENIS KERTAS

Untuk hal berikutnya adalah mengetahui macam - macam kertas.
Kertas yang biasanya digunakan dalam percetakan memang sangat lumayan banyak gan, misalnya saja untuk cetak nota/Memo itu namanya kertas NCR sementara untuk cetak undangan banyak sekali jenisnya seperti BC Pindo,BW, Kartu Tik,Linen,Art Karton,art paper,kertas mutiara,dll.
Jika belum paham soal di atas,kamu bisa tayakan langsung pada kasir saat berada di toko kertas sambil bawa sample kertas undangan yang hendak di buat.

3. UKURAN KERTAS

yang berikutnya dalah mengetahui ukuran kertas undangan.Biasanya ukuran kertas undangan yang berlaku di toko adalah ukuran plano dan memiliki ukuran standara antara 60cm x 90 (ukuran kecil) 78cm x 108cm (ukuran besar).
Jika kamu sudah pahan dengan ukuran tersebut,kamu tinggal ukur kertas undangan yang kamu buat kemudian sesuaikan dengan luas ukuran kertas plano tersebut supaya bisa diketahui jumlah satu plano kertas dapat menjadi berapa bagian, sehingga kamu sudah bisa memperkirakan jumlah kertas yang bakal kamu beli.

4.TEMPAT CETAK

Setelah kamu tahu jenis dan ukuran kertas serta tempat kamu membuat desain,sekarang yang harus kamu perhatikan adalah Tempat untuk mencetak undangan atau lainnya.
Usahakan tempat cetak yang hendak kamu pakai meliputi hal berikut :
a. jaraknya tidak terlalu jauh
b. kualitas cetaknya bagus
c. tepat waktu
Jika ketiga point di atas bisa kamu dapatkan di temapt kamu nyetak,maka saya jamin pelanggan kamu tidak bakal lari dan pindah ke lain hati, tapi jika sebaliknya,maka bersiaplah untuk ditinggalkan konsumen.

Ingat, percetakan adalah bisnis di bidang jasa,jika pelayanan kamu cepat,tepat waktu dan kualitas bisa dipercaya,maka konsumen pasti akan betah untuk terus balik dan kasih order kembali meskipun harga yang kamu beri lebih mahal,karena kualitas dan waktu bisa mengalahkan price.

Tapi tentu saja kamu akan bisa menang jika harga dan kulitas yang kamu beri bisa mengalahkan produsen lainnya yang berada di sekitar kamu.

Oke guys,, mungkin itu saja dulu "TIPS BISNIS PERCETAKAN TANPA MODAL UNTUK PEMULA SUPAYA CEPAT SUKSES". yang bisa saya share pada kesempatan kali ini.
Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi positif bagi kamu yang saat ini sedang melirik percetakan sebagai bidang bisnis kamu.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »