3 poin penting untuk belajar usaha percetakan supaya sukses


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hello Guys,, Jumpa lagi nih kita di blog inspirasi kepo,Blognya orang kepo..!!!

Jika pada sebelumnya saya selalu mebuat artikel seputar desain, maka pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah pengetahuan seputar bisnis. Bisnis Apa?? sebenarnya ini berlaku untuk semua bentuk bisnis,tapi karena inspirasi kepo lebih fokus ke dunia percetakan,maka tips bisnis ini juga bisa kamu terapin di bisnis percetakan

3-poin-penting-untuk-belajar-bisnis-percetakan
3 poin penting untuk belajar bisnis percetakan

Dalam menjalankan sebuah bisnis percetakan ada 3 point penting yang perlu kamu terapin supaya semuanya berjalan sesuai dengan harapan. Apa saja itu? Yuk kita simak bareng-bareng,biar lebih cerdas.

Poin pertama = PLACE

Place,yang dalam bahasa indonesianya adalah tempat.
Artinya dalam menjalankan sebuah bisnis,apapun bisnisnya,tentu poin pertama ini sangat menjadi faktor utama.Bagaimna bisa menjalankan sebuah bisnis tanpa adanya tempat atau place.

Dalam sebuah bisnis,place atau tempat setidaknya memiliki kategori sebagai berikut :

1. Strategis
Cari tempat yang menurut kamu sangat strategis sehingga bisnis kamu bisa berjalan dengan baik>strategis di sini bisa berarti mudah dijangkau oleh banyak orang atau berdekatan dengan tempat supplier barang bisnis kamu, sehinnga kamu bisa lebih cepat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan atau pesanan.

2. Ponit kedua = PRICE
Price yang berarti adalah harga.
Apapun produk yang kamu tampilkan,usahakan memiliki label harga yang jelas dan transparan sehingga konsumen tidak merasa dibohongi.
Contoh simplenya,berikan label harga pada setiap produk yang kamu pajang di toko kamu,sehingga memudahkan konsumen saat berbelanja.
Mungkin terlihat sepele,tapi dampaknya akan sangat besar pada perkembangan bisnis percetakan kamu.

Contoh berikutnya,kamu bisa tempelin tuh label harga pada setiap produk undangan atau buatlah price list pada katalog undangan atau katalog kartu nama kamu.Atau bisa juga pada produk lainnya seperti kaos sablon,mug atau apa saja yang sedang kamu pasang di dalam etalase toko kamu.

Ingat...bukan cuma soal harga,tapi berilah harga yang bersaing supaya kamu tetap menang atau setidak bertahan dengan para kompetitor kamu.

Harga yang bagus bukan berarti MURAH,tapi harga yang bagus adalah harga yang bisa bikin kompetitor kamu klepek-klepek.
Misalnya saja,kamu buat harga lebih murah 5% dari harga orang lain pada jenis produk yang sama.Atau bisa juga kamu pasang harga yang sama tapi pada produk yang sedkit lebih berkualitas dari punya orang lain.Simple kan gan ???

Point yang ketiga = PROMOTION
Sebuah kesuksesan tidak akan pernah datang dengan sendirinya,perlu perjuangan dan pengorbanan.
Begitu jaga dalam menjalkankan sebuah bisnis.Harus ada sebuah trik dan strategi dalam pengembangannya,oleh karena itu sebuah promosi merupakan hal yang tidak bisa kamu pandang sebelah mata.

Promosi bisa kamu lakukan dengan beberapa hal sebagai berikut :
1. Promosi Offline
Promosi offline adalah promosi yang kamu lakukan di lapangan atau di luar toko kamu.Buatlah sebuah pemberitahuan tentang keberadaan usaha kamu  dan produk kamu,misalnya saja dengan membuat spanduk/banner yang kamu pasang di depan toko atau bisa uga dengan menyebar brosur dan kartu nama pada orang-orang terdekat.

Pastikan desain promosi kamu harus dahsyat dengan tampilan yang berbeda dari brosur pada umumnya.
Buatlah sedemikian rupa,jika perlu masukan kata-kata propanganda tapi tidak membohongi.

Atau kamu bisa beritahukan keberadaan bisnis kamu kepada teman-teman melalui sms.whatss up atau apa saja yang menururt kamu efisien.

2. Promosi Online
Gunakan perkembangan teknolgi sebagai media promosi usaha kamu.
Kamu bisa buat sebuah blog atau situs dengan konten yang sama dengan jenis usaha kamu.Atau bisa juga menggunakan media sosial sebagi medi promosi kamu seperti facebook,twitter,linkedin,google plus.
Buatlah halaman atau akun yang mencirikan keberadaan kamu dan bisnis kamu.

Jika kamu memiliki baget yang lebih,kamu bisa memanfaatkan jarigan periklanan seperti facebook ads atau google adwords dan lain sebagainya.

Oke,guys itu dia 3 point penting yang harus kamu punya sebelum bisni percetakan.
Semoga bermanfaat dan bisa jadi edukasi buat kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis.
Ingat...Apapun bisnis kamu,lakukan dengan sepenuh hati dan penuh ketekunan.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »